Motor 4 Tak/Langkah

Motor empat langkah (4 tak) ialah motor yang menuntaskan satu siklus kerjanya dalam empat gerakan torak atau dua kali putaran poros engkol (crankshaft). Kaprikornus dalam empat gerakan torak tersebut mencakup langkah pengisian, kompresi dan penyalaan, usaha/kerja serta langkah buang. Titik paling atas yang dicapai oleh gerakan torak pada silinder disebut Titik Mati Atas (TMA). Sedangkan titik terendah yang dicapai oleh ujung atas torak pada silinder disebut Titik Mati Bawah (TMB). Bila torak bergerak dari TMA hingga ke TMB atau sebaliknya, dikatakan bahwa torak melaksanakan satu langkah. Untuk setiap siklus, pada motor 4 langkah terdapat 4 kali gerakan torak.
a.        Langkah Hisap
Pada langkah hisap, torak bergerak dari TMA ke TMB. Pergerakan torak dari TMA ke TMB ini menjadikan terjadi Kehampaan (vacuum) di dalam silinder. Selama langkah torak ini katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Dengan demikian adonan materi bakar dan udara dihisap kedalam silinder. Katup hisap kemudian tertutup dikala torak mencapai TMB.
b.        Langkah Kompresi
Pada langkah kompresi, torak bergerak dari TMB ke TMA. Dalam gerakan ini adonan materi bakar dan udara di dalam silinder dimampatkan (terkompresikan). Kedua katup yaitu katup hisap dan katup buang dalam keadaan tertutup. Akibat kompresi ini, suhu dan tekanan gas naik, sehingga gas akan gampang terbakar. Sesaat sebelum torak mencapai TMA, busi memberi loncatan bunga api dan terjadilah pembakaran. Sampai langkah ini poros engkol berputar satu kali.
c.         Langkah Kerja
Pada langkah kerja/usaha, keadaan kedua katup tertutup dan torak terdorong dari TMA ke TMB oleh kekuatan tekanan gas hasil pembakaran. Pergerakan torak dari TMA ke TMB akan memutar poros engkol dengan perantaraan batang penggerak, yang selanjutnya dijadikan sebagai tenaga gerak dari mesin. Dikatakan juga gas menghasilkan usaha. Karena ini proses inijuga disebut langkah perjuangan atau langkah kerja. Sampai langkah kerja ini torak telah melaksanakan tiga langkah dan poros beputar satu setengah putaran.
d.        Langkah Buang
Pada langkah buang, torak bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka dan katup masuk tertutup, sehingga gas sisa hasil pembakaran terdorong keluar silinder melalui lubang katup buang dan kanal pembuangan. Setelah torang mencapai TMA, dari sini akan dimulai lagi siklus berikutnya yang diawali dengan penghisapan gas baru. Motor telah melaksanakan empat langkah penuh yaitu hisap, kompresi, kerja dan buang. Poros engkol berputar dua putaran penuh dang menghasilkan satu tenaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motor 4 Tak/Langkah"

Posting Komentar