Mekanisme Katup

Motor empat tak yakni motor yang melaksanakan dua putaran poros engkol atau empat langkah torakyakni langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang, tetapi bekerjanya katup hanya diharapkan dalam 2 proses yaitu langkah hisap dan langkah buang. Mekanisme katup ini dirancang sedemikian rupa sehingga poros bubungan berputar satu kali untuk menggerakan katup hisap dan buang setiap kali berputarnya poros engkol.
Camchain sporketdipasang pada ujung poros bubungan. Poros bubungan digerakkan oleh poros engkol melalui timingchain atau timingbelt. Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutup korelasi terusan masuk ke ruang bakar dan ruang bakar ke terusan buang, pada ketika yang sempurna sesuai dengan proses kerja motor. 
Mekanisme katup harus menjamin katup tertutup dengan rapat sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran. Katup harus terbuka dengan sempurna dengan lebar sesuai dengan karakteristikcampuran materi bakar dan udara yang masuk maupun gas sisa pembakaran keluar keknalpot. Kerja dan fungsi prosedur katup memiliki imbas yang sangat besar terhadap performa dan karakteristik mesin.
Saat poros engkol berputar menimbulkan poros bubungan juga berputar. Berputarnya poros bubungan akan menekan kebawah lifter dan membuka katup. Bila sumbu bubungan terus berputar, maka katup akan menutup dengan adanya tekanan pegas.

Perputar satu kali poros bubungan, akan membuka-menutup katup hisap dan buang satu kali pada setiap dua putaran poros engkol.Mekanisme katup pada motor empat langkah terdapat pada kepala silinder.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mekanisme Katup"

Posting Komentar