Hidrokarbon (Hc)

Hidrokarbon atau yang sering disingkat dengan HC yaitu pencemar udara yang sanggup berupa gas, cairan maupun padatan. Dinamakan hidrokarbon alasannya yaitu penyusun utamanya yaitu atom karbon (C) dan atom hidrogen (H) yang sanggup terikat secara ikatan lurus atau terikat secara cincin. Hidrokarbon yang sering menyebabkan duduk kasus dalam polusi udara yaitu yang berbentuk gas pada suhu atmosfer normal.

Sumber HC sanggup pula berasal dari sarana transportasi. Kondisi mesin yang kurang baik akan menghasilkan HC. Pada umumnya pada pagi hari kadar HC di udara tinggi, namun pada siang hari menurun. Sore hari kadar HC akan meningkat dan kemudian menurun lagi pada malam hari.

Hidrokarbon sanggup dibedakan atas tiga kelompok menurut struktur molekulnya, yaitu hidrikarbon alifatik, aromatik dan alisiklis. Molekul hidrokarbon alifatik tidak mengandung cincin atom karbon, sedangkan hidrokarbon aromatik mengandung cincin enam karbon (cincin benzena). Hidrokarbon alisiklis yaitu hidrokarbon yang mengandung struktur cincin selain benzena.

Beberapa penelitian terhadap binatang dan insan menawarkan bahwa hirdrokarbon alifatik dan alisiklis memiliki dampak yang tidak diinginkan terhadap insan hanya pada konsentrasi beberapa ratus hingga beberapa ribu kali lebih tinggi daripada konsentrasi yang terdapat diatmosfer. Pada konsentrasi kurang dari 500 ppm tidak menawarkan dampak apapun. Hidrokarbon aromatik lebih berbahaya dibandingkan dengan hidrokarbon alifatik dan alisiklis. Uapnya lebih bersifat iritasi terhadap membran mukosa, dan luka di bab dalam sanggup terjadi (Fardiaz, 1992: 119-120).

Hidrokarbon di udara akan bereaksi dengan bahan-bahan lain dan akan membentuk ikatan gres yang disebut Plycyclic Aromatic Hidrocarbon (PAH) yang banyak dijumpai di tempat industri dan padat lalulintas. Bila PAH ini masuk dalam paru-paru akan menyebabkan luka dan merangsang terbentuknya sel-sel kanker.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup menetapkan parameter ambang batas HC untuk sepeda motor empat langkah yang tahun pembuatanya di bawah tahun 2010 yaitu sebesar 2400 ppm. Parameter ambang batas ini tercantum dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006 wacana Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama tertanggal 1 Agustus 2006.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidrokarbon (Hc)"

Posting Komentar