Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian

Secara teoritis banyaknya materi bakar dan udara yang masuk ke dalam silinder sama dengan volume langkahnya. Akan tetapi, kenyataannya lebih sedikit lantaran dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu tekanan udara, temperature, panjang saluran, bentuk jalan masuk dan sisa hasil pembakaran di dalam silinder pada proses yang mendahului. Efisiensi volumetrik yakni perbandingan antara volume muatan segar yang masuk kedalam silinder dengan volume langkahnya.

Dengan kondisi tertentu dari suatu gas sanggup juga ditentukan berat dari gas tersebut di mana apabila berat gas yang masuk ke dalam ruang bakar diperbandingkan dengan berat gas yang bahu-membahu masuk ke dalam ruang bakar dengan kondisi tertentu pula akan didapat suatu harga perbandingan yang sama dengan effisiensi volumetrik. Apabila kondisi-kondisi gas dirubah ke kondisi standar, maka akan menghasilkan suatu harga perbandingan yang selanjutnya disebut effisiensi pengisian. 

Harga dari efisiensi volumetrik dan efisiensi pengisian kalau semakin besar, maka akan semakin banyak adonan materi bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini berarti akan semakin besar tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Bila keadaannya sebaliknya, maka jadinya pun akan sebaliknya. Biasanya disebabkan oleh bentuk dan panjang dari jalan masuk isap serta kecepatan mesin, harga dari efisiensi volumetrik atau pengisian tidak akan mencapai 100% (sekitar 65% hingga dengan 85%). Tetapi kalau proses pemasukan gas dibantu dengan tekanan yang melebihi tekanan atmosfir maka besarnya efisiensi volumetrik sanggup mencapai 100%.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian"

Posting Komentar