Cara Kerja Token Internet Banking yang Harus Anda Ketahui

Cara Kerja Token Internet Banking yang Harus Anda Ketahui
Sedikit informasi, token dalam internet banking berfungsi seperti kalkulator yang bisa menjaga sebuah transaksi pada internet banking. Token sekarang sudah menjadi alat yang wajib digunakan terutama pada bank-bank ternama: BNI, BRI, dan seterusnya. Lalu, bagaimana cara kerja token pada internet banking?

Menggunakan Metode Pengesahan (Otentikasi)
Metode ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan bukti siapa sebenarnya Anda. Apakah Anda adalah seseorang yang di-claim sebagai dia (who you claim to be). Metode ini dapat dilihat dalam tiga kategori.

Pertama, something you know: ini adalah metode yang sangat umum digunakan, misalnya dengan menggunakan PIN atau password. Metode ini berasumsi bahwa tidak seorang pun yang bisa mengetahui sebuah rahasia kecuali Anda sendiri.

Kedua, something you have: sebuah metode diguanakan untuk membuat otentikasi menjadi lebih aman, yaitu dengan mengandalkan barang-barang yang bersifat unik. Sebagai contoh, kartu magnetik (smartcard), USB token, hardware token, dan sebagainya. Metode ini berasumsi bahwa tidak seorang pun yang mempunyai barang tersebut kecuali Anda sendiri.

Ketiga, something you are: metode ini adalah yang paling jarang dipakai karena melibatkan faktor teknologi dan manusia. Metode ini mengandalkan keunikan pada bagian tubuh Anda yang tidak mungkin terdapat pada orang lain: sidik jari. Metode ini berasumsi bahwa bagian tubuh Anda tidak mungkin sama dengan orang lain, seperti halnya sidik jari.

Password yang Dikeluarkan Token pada Internet Banking
Umumnya, terdapat dua mode yang digunakan pada pemakaian token internet banking: pertama, mode challenge/response (C/R). Mode ini paling sering digunakan ketika bertransaksi. Dalam mode ini, sebuah server memberikan challenge (tantangan) berupa sederetan angka-angka.

Kemudian, angka-angka tersebut harus dimasukkan ke dalam sebuah mesin token untuk mendapatkan response (jawaban). Setelah itu, users memasukkan angka yang muncul pada tokennya ke dalam form pada internet banking. Dengan segera, token akan mengeluarkan kode yang bervariasi meskipun dengan challenge code yang sama.

Kedua, mode self generated (response only). Mode ini berasumsi bahwa server tidak akan memberikan challenge apapun. Artinya, users bisa mengeluarkan sederetan angka-angka secara langsung tanpa harus melalui challenge.

Sebenarnya, jawaban yang diberikan oleh token baik pada mode challenge/response (C/R) maupun self generated (response only) juga berbentuk password. Namun, ini berbeda dengan password yang Anda gunakan untuk login karena password yang dihasilkan oleh token ini memiliki sedikit keterbatasan untuk alasan safety.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja token dimana terdapat beberapa faktor dan metode yang mendukungnya. Terlepas dari semua itu, token memiliki peran yang sangat vital terutama dalam menjaga safety dari users sebuah bank. Kehadiran token ini sangat diharapkan bisa meminimalkan terjadinya kejahatan pada transaksi internet banking.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja Token Internet Banking yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar